Minggu, 22 November 2009

TUGAS TIK

URL atau Uniform Resource Locator (diterjemahkan: Pelokasi Sumber Daya Seragam), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber - seperti dokumen dan gambar - di Internet.

URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee[rujukan?] pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat merujuk pranala ke Jejaring Jagat Jembar atau World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas.
Sebuah intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.

Umumnya, sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan Internet", atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.

Umumnya, di atas sistem operasi server terdapat aplikasi-aplikasi yang menggunakan arsitektur klien/server. Contoh dari aplikasi ini adalah DHCP Server, Mail Server, HTTP Server, FTP Server, DNS Server dan lain sebagainya. Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut atau layanan tersebut juga dapat diperoleh dari pihak ketiga. Setiap layanan tersebut akan merespons terhadap request dari klien. Sebagai contoh, klien DHCP akan memberikan request kepada server yang menjalankan server DHCP; ketika sebuah klien membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan perintah/request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh server DHCP, yakni protokol DHCP itu sendiri.

Contoh sistem operasi server adalah Windows NT 3.51, dan dilanjutkan dengan Windows NT 4.0. Saat ini sistem yang cukup populer adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun Solaris, Unix, dan GNU/Linux.

Server biasanya terhubung dengan client dengan kabel UTP dan sebuah Network Card. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.

Fungsi server sangat banyak, misalnya untuk situs internet, ilmu pengetahuan, atau sekedar penyimpanan data. Namun yang paling umum adalah untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet.
Seorang klien adalah aplikasi atau sistem yang mengakses layanan remote lain sistem komputer, yang dikenal sebagai server, melalui suatu jaringan. [1] Istilah ini pertama kali diterapkan pada perangkat yang tidak mampu berdiri sendiri menjalankan sendiri program , tapi bisa berinteraksi dengan komputer remote melalui jaringan. These dumb terminals were clients of the time-sharing mainframe computer . Ini terminal dumb adalah klien dari time-sharing mainframe komputer.

The client-server model is still used today on the Internet , where a user may connect to a service operating on a remote system through the Internet protocol suite . Web browsers are clients that connect to web servers and retrieve web pages for display. The client-server model masih digunakan saat ini di internet, dimana pengguna dapat terhubung ke layanan operasi pada sistem remote melalui protokol Internet. Web browser adalah klien yang terhubung ke web server dan mengambil halaman web untuk ditampilkan. Most people use e-mail clients to retrieve their e-mail from their internet service provider 's mail storage servers. Online chat uses a variety of clients, which vary depending on the chat protocol being used. Kebanyakan orang menggunakan klien e-mail mereka untuk mengambil e-mail dari para penyedia layanan internet 's server penyimpanan surat. Online CHAT menggunakan berbagai klien, yang bervariasi tergantung pada protokol chat yang digunakan. Game Clients usually refer to the software that is the game in only multiplayer online games for the computer. Permainan Klien biasanya merujuk kepada perangkat lunak yang hanya permainan multiplayer online game untuk komputer.

Increasingly, existing large client applications are being switched to websites, making the browser a sort of universal client. Semakin, ada aplikasi-aplikasi client besar sedang beralih ke situs web, membuat browser semacam klien universal. This avoids the hassle of downloading a large piece of software onto any computer you want to use the application on. Hal ini untuk menghindari kerumitan besar men-download software ke komputer mana pun Anda ingin menggunakan aplikasi di. An example of this is the rise of webmail . Contoh dari ini adalah munculnya webmail.

In personal computers and computer workstations , the difference between client and server operating system is often just a matter of marketing - the server version may contain more operating system components, allow more simultaneous logins, and may be more expensive, while the client version may contain more end-user software. Pada komputer pribadi dan workstation komputer, perbedaan antara klien dan server sistem operasi seringkali hanya masalah pemasaran - versi server mungkin berisi lebih banyak komponen sistem operasi, memungkinkan lebih banyak login simultan, dan mungkin lebih mahal, sedangkan versi klien mungkin berisi lebih banyak perangkat lunak pengguna akhir.
HTML, yang adalah singkatan dari HyperText Markup Language, adalah utama bahasa markup untuk halaman web. It provides a means to create structured documents by denoting structural semantics for text such as headings, paragraphs, lists etc as well as for links, quotes, and other items. Menyediakan sarana untuk membuat dokumen terstruktur oleh struktural menunjukkan semantik untuk teks seperti judul, paragraf, daftar etc serta untuk link, kutipan, dan item lainnya. It allows images and objects to be embedded and can be used to create interactive forms . Hal ini memungkinkan gambar dan objek yang akan tertanam dan dapat digunakan untuk membuat bentuk-bentuk interaktif. It is written in the form of HTML elements consisting of "tags" surrounded by angle brackets within the web page content. Hal ini ditulis dalam bentuk elemen HTML terdiri dari "tag" dikelilingi oleh sudut kurung di dalam konten halaman web. It can include or can load scripts in languages such as JavaScript which affect the behavior of HTML processors like Web browsers ; and Cascading Style Sheets (CSS) to define the appearance and layout of text and other material. Hal ini dapat memasukkan atau dapat memuat skrip dalam bahasa seperti JavaScript yang mempengaruhi perilaku dari HTML prosesor seperti Web browser dan Cascading Style Sheets (CSS) untuk menentukan tampilan dan tata letak teks dan materi lain. The W3C , maintainer of both HTML and CSS standards, encourages the use of CSS over explicit presentational markup. [ 1 ] The W3C, pengurus HTML dan CSS standar, mendorong penggunaan CSS lebih eksplisit presentasional markup. [1]

Hyper Text Markup Language (HTML) is the encoding scheme used to create and format a web document . Hyper Teks Markup Language (HTML) adalah skema pengkodean yang digunakan untuk membuat dan memformat dokumen web.
Penjelajah web (bahasa Inggris: web browser), disebut juga sebagai perambah atau peramban, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Penjelajah web yang populer adalah Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Penjelajah web adalah jenis agen pengguna yang paling sering digunakan. Web sendiri adalah Kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web.
Bandwidth / Lebar pita (bahasa Inggris: bandwidth) dalam teknologi komunikasi adalah perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam rentang tertentu. Sebagai contoh, line telepon memiliki bandwidth 3000Hz (Hertz), yang merupakan rentang antara frekuensi tertinggi (3300Hz) dan frekuensi terendah (300Hz) yang dapat dilewati oleh line telepon ini.
sumber:wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar